Howard Webb, Pamanas Tersendiri Duel Manchester United vs Liverpool

Pekan ini pertandingan sepak bola Premier League menghadirkan duel klasik antara Manchester United menghadapi seteru abadi mereka Liverpool. Duel ini merupakan pertemuan kedua mereka musim ini setelah di putaran pertama lalu Setan Merah mampu mengalahkan Liverpool di kandangnya dengan skor 1-2 . Laga yang akan digelar di Old Trafford markas Manchester United ini dipastikan akan menjadi pusat perhatian pecinta sepak bola dunia mengingat begitu panasnya tensi laga ini.

Pertemuan antara dua klub tersukses di dataran Inggris ini masih akan dibayangi oleh perselisihan antara Luis Suarez dan Patrice Evra. Suarez yang kala itu menolak berjabat tangan dengan Evra lantara insiden Rasisme yang menimpa dirinya, dibalas dengan perlakuan Evra yang merayakan kemenangan MU (2-1) di depan Suarez.  Namun belakangan keduanya sudah berdamai dengan aksi jabat tangan mereka sesaat sebelum pertandingan putaran pertama musim lalu.

Sebenarnya yang menjadi sisi menarik dari pertandingan ini bukanlah insiden Suarez dan Evra lagi. Sisi menarik lainnya di pertandingan ini adalah keputusan FA menunjuk Howard Webb sebagai pengadil di laga ini. Asosiasi sepak bola Inggris (FA ) sudah resmi memilih wasit berkepala plontos ini untuk memimpin big match antara Manchester United vs Liverpool akhir pekan ini.

Penunjukkan Webb tentu akan menimbulkan kontroversial karena selama ini Webb disebut – sebut sebagai salah satu fans setan merah dan selalu berpihak kepada mereka. Terlepas dari benar atau tidaknya tuduhan  tersebut ditunjuknya Webb memimpin laga ini menjadi pemanas tersendiri bagi laga Manchester United vs Liverpool kali ini.

Fans Liverpool tentu masih ingat ketika Howard Webb memberikan penalty kepada Manchester saat menghadapi Liverpool di tahun 2011. Tidak hanya itu Webb juga mengusir Steven Gerrard dari lapangan akibat melakukan tackling dengan dua kaki. Masalah tidak selesai sampai disitu, setelah selesai pertandingan pemain Liverpool Ryan Babel mengupload foto Webb mengenakan jersey MU di twitter yang mengakibatkan Babel di denda oleh FA.

Mantan manajer Liverpool Kenny Dalglish juga pernah mengkritik Webb secara terang – terangan saat klubnya kalah dari Tottenham Hotspurs di 2011 lalu. Dalglish menganggap The Reds dirugikan dengan sejumlah keputusan janggal yang dibuat Webb di lapangan.

Menarik ditunggu apakah pertandingan akhir pekan ini akan diwarnai oleh keputusan – keputusan kontroversi dari wasit berkepala plontos ini. Apakah Manchester United  lagi – lagi akan menjadi pihak yang diuntungkan dengan ditunjuknya Howard Webb sebagai pengadil. Atau bahkan kali ini Liverpool yang akan diuntungkan oleh keputusan Howard Webb. Yang pasti dengan atau tanpa Webb pertandingan ini adalah laga klasik yang sudah pasti menyajikan pertandingan yang panas dan sarat gengsi.

Leave a comment