David Moyes Orang yang Tidak Tepat bagi Manchester united ? Tunggu Dulu

Start terburuk Manchester United dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah rekor yang tidak dinginkan berhasil dicatat anak asuh David Moyes di musim 2013/2014 ini. Menyalahkan masa transisi adalah sebuah hal yang paling saya tidak sukai dari hal buruk yang terjadi pada suatu klub. Beberapa manajer dan fans sering mengatakan bahwa masa transisi adalah biang dari segala macam prestasi buruk dalam sebuah klub.

David-Moyes

Namun, dalam kasus Manchester United saya mulai yakin bahwa “masa transisi” memang benar – benar layak disalahkan dari masalah yang terjadi di suatu klub. Dengan kekuatan superpower ala Alex Ferguson dalam seperempat abad menahkodai Manchester United tentu standard selangit terpampang nyata bagi pengganti Fergie, dan itu yang kini harus dihadapi oleh David Moyes.

Manchester United yang memulai musim 2013/2014 Premier League dengan tiga kekalahan dan dua hasil imbang terlihat bukan seperti United yang sesungguhnya. Mengoleksi 11 poin dari 8 pertandingan  awal merupakan start terburuk mereka dalam 24 tahun terakhir. Lantas ketika saya mengatakan bahwa “tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari United saat ini karena United sedang berada di masa transisi di era kepelatihan moyes” banyak orang – orang yang menyanggah bahwa Manchester City dan Chelsea juga berada dalam masa transisi setelah mengalami pergantian pelatih.

Membandingkan transisi United dengan Chelsea dan Manchester City ? tunggu dulu apa itu tidak salah. Di Manchester United mereka memiliki manajer tersukses dalam sejarah klub sepak bola dengan deretan prestasi dalam masa kepelatihan selama lebih dari seperempat abad. Sebuah kesuksesan tak tertandingi yang “mustahil” bisa disamai oleh pelatih lain. Tidak cukup dengan kehilangan sosok Fergie, MU juga terlihat begitu culun di bursa transfer setelah kehilangan David Gill yang bisa bekerja di belakang layar. Bukti bahwa MU begitu merasakan kehilangan David Gill adalah banyaknya buruan MU di bursa transfer musim lalu yang gagal mendarat di Old Trafford.

Di Manchester City, Roberto Mancini memang berhasil membawa gelar Premier League setelah lama pasukan Manchester biru puasa gelar. Namun apakah efek dari kepergian Mancini akan sedahsyat dari kepergian Fergie di Manchester United ?. Tentu jawabannya sudah jelas tidak. Masa transisi Manuel Pellegrini akan lebih halus atau tidak sesulit apa yang harus dihadapi Moyes saat ini. Lebih – lebih Chelsea, Jose Mourinho sudah pernah berhasil di Chelsea sebelumnya yang tentu akan membuat transisi di Chelsea hampir tidak terasa atau tidak berpengaruh apapun. Lantas jika kita membandingkan masa transisi yang ada di Manchester United, Manchester City dan Chelsea tentu itu tidak adil karena MU dan David Moyes harus menghadapi kekacauan internal yang jauh lebih parah dari dua klub tersebut.

Dengan kekacauan internal yang begitu banyak, Moyes tidak pantas dihakimi akibat apa yang terjadi di United saat ini mengingat dia masih bekerja seumur jagung. Saya tidak lupa bagaimana dia melakukan banyak mukjizat di Everton saat dia diberi kesempatan membangun skuad yang dia inginkan. Membandingkan  Everton dengan MU mungkin memang tidak sepenuhnya benar, namun intinya tetap sama. Pemain – pemain yang ada di Manchester United saat ini bukan sepenuhnya skuad yang diinginkannya. Walaupun tidak ada yang meragukan satupun pemain yang ada di skuad United namun akan lebih baik jika Moyes diberi kesempatan untuk membangun skuad Manchester United yang benar – benar pilihannya.

Banyak fans MU yang mungkin akan segera mematahkan argument saya disini dengan menggunakan tolak ukur kemenangan sebagai pembanding kualitas MU era Moyes dengan MU era Ferguson. Mari kita lihat dari sudut pandang lawan. Ketika tahu Fergie mundur dari jabatannya, semua rival ramai ramai berkomentar bahwa kekuatan MU akan melemah di musim ini dan itu memang tidak bisa dipungkiri. Di era Fergie, lawan yang datang ke Old Trafford mungkin tidak akan berharap banyak untuk membawa pulang poin, namun kini di Era Moyes mereka semua menanamkan mindset bahwa MU bukanlah seperti yang dulu dan tidak ada yang perlu ditakuti dari MU yang sekarang. Dan secara tidak langsung mindset itulah yang memberikan rasa percaya diri yang begitu maksimal ketika lawan menghadapi Manchester United.

Moyes orang yang tidak tepat bagi MU ? tunggu dulu. Adakah yang bisa menjamin ketika di awal musim MU menunjuk Pep Guardiola, Jurgen Klopp atau bahkan Jose Mourinho MU tidak akan mengalami hal yang serupa ?. Dengan nama besar Fergie dan sederet prestasi mentereng Fergie bersama Manchester United rasanya tidak akan mudah bagi siapapun manajer untuk melatih Manchester United tanpa adanya bayang – bayang dari Fergie.

Lantas apakah dengan start buruk ini MU sudah layak dicoret dari perburuan gelar ? Tidak sesederhana itu. Komentar Arsene Wenger yang menyebut MU sudah tidak berada di jalur perburuan gelar mungkin ada benarnya. Namun , masih banyak waktu bagi Setan Merah untuk menemukan bentuk permainan terbaik mereka dan itu sering United lakukan di masa – masa lalu. Namun jika mereka terlalu lama untuk menemukan bentuk permainan itu mungkin komentar Arsene Wenger akan terbukti di akhir musim nanti.

Akankah Moyes dipecat ? jika saya punya kuasa untuk menentukan ini saya akan tetap bertahan dengan pria asal Skotlandia ini walaupn dia gagal mendapatkan satu gelar pun di akhir musim. Semua orang tidak berhak menilai dia sukses atau tidak dalam 8 game. Namun jika akhirnya MU tetap menyingkirkan Moyes, maka MU mungkin akan berada dalam bahaya dan jatuh ke lubang yang City dan Chelsea dapat selama bertahun – tahun. Hal ini sudah terbukti di masa lalu jika kebijakan gonta – ganti pelatih tidak akan membawa kesuksesan berkelanjutan. Cari sosok yang tepat dan tetap bertahan dengan dia. Jika Fans percaya Ferguson adalah orang yang tepat mereka juga harus percaya bahwa Moyes juga orang yang tepat bagi MU. Dan jangan lupa bahwa orang yang memenangkan 13 gelar Premier League lah yang memilih Moyes untuk menduduki jabatannya sekarang ini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s