Rumput di ISL rasa Eropa, Persepam Jadi Percontohan Kontestan Lain

Madura, sebuah pulau kecil yang berada di wilayah Jawa Timur ini sekarang bisa berbangga hati. Tidak lagi dengan Sate Madura ataupun Soto Madura, kini melainkan salah satu klub yang berada di pulau tersebut yakni Persepam Madura United musim ini menjadi salah satu kontestan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia yakni Indonesian Super League. Persepam yang dilatih oleh pelatih berpengalaman Daniel Roekito merupakan salah satu tim yang berhasil promosi ke ISL musim ini.

Ada satu fakta menarik yang terlihat kala Persepam Madura United menggelar laga kandangnya di stadion Gelora Bangkalan Madura. Jika anda pecinta sepak bola lokal Indonesian Super League tentu sudah paham dengan maksud saya. Persepam yang bermarkas  di Gelora Bangkalan sudah dilengkapi dengan kualitas rumput tidak kalah dengan level stadion yang ada di Eropa.

Acungan jempol patut diberikan kepada manajemen dan juga panpel Persepam Madura United. Tidak disangka jika selama ini klub – klub lokal dinilai sering lupa dengan kualitas infrastruktur stadion, kini klub promosi Persepam Madura United seolah memberikan sindiran dengan halus kepada semua kontestan ISL agar peduli dengan kualitas Stadion masing – masing. Kualitas rumput yang sejauh ini bisa dibilang yang terbaik di Indonesia menjadi gambaran bagaimana manajemen Persepam benar – benar serius untuk  memiliki infrastruktur berkualitas yang ada di Gelora Bangkalan.

Kita semua tahu bahwa tidak ada satu klub pun di Indonesia yang memiliki Stadion pribadi. Semua stadion yang digunakan di Indonesia adalah milik pemerintah daerah. Namun apakah itu menjadi halangan bagi klub untuk memaksimalkan kualitas rumput stadion mereka ? tentu jawabannya adalah tidak. Meskipun stadion Gelora Bangkalan ini tergolong stadion baru, stadion – stadion lama di Indonesia juga sangat bisa direnovasi kualitas rumputnya dengan standard yang baik seperti yang ada di Gelora Bangkalan.

Pujian terkait kualitas rumput di stadion gelora bangkalan juga datang dari berbagai pihak. Gelandang Timnas Indonesia dan juga Mitra Kukar Ahmad Bustomi salah satunya, melalui akun twitternya @Bustomi_19 pemuda asal Malang ini terang – terangan memuji bahwa kualitas rumput di gelora bangkalan adalah yang terbaik di Indonesia saat ini.  Sebagai pemain yang beroprasi di lini tengah, passing merupakan hal yang sering dilakukan oleh seorang gelandang dan tentu saja jika kualitas lapangan tidak rata maka kualitas passing menjadi buruk dan aliran bola akan tersendat.

Kini Persepam adalah salah satu klub yang perlu dicontoh dalam hal memperhatikan sarana pendukung untuk bermain di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Klub yang berada di provinsi jawa timur ini benar – benar memberi tamparan kepada klub lain yang jor – joran mengontrak pemain bintang namun mempunyai kualitas rumput stadion yang lebih mirip disebut dengan ‘sawah’ disaat hujan turun. Persepam sudah mengawali memiliki kualitas rumput yang selevel dengan Eropa, kini kita tinggal menunggu klub lain di ISL bahkan divisi – divisi dibawahnya untuk mengikuti jejak Persepam dengan meningkatkan kualitas rumput yang benar – benar berkualitas tinggi.

About these ads

5 thoughts on “Rumput di ISL rasa Eropa, Persepam Jadi Percontohan Kontestan Lain

  1. eggi

    Sdikit ralat; persepam hanya menyewa stadion gelora bangkalan..d pamekasan sndiri,masih mau dbagun stadion..so,yg layak mndapat kredit adlah pemkab bangkalan..
    Tp,apapn jg rkyat madura hrus berbangga,mmiliki tim & stadion kasta tratas..:)

    Reply
  2. K-conkmania

    Maaf koreksi gan,perlu diketahui bahwa sebenarnya Stadion Gelora Bangkalan adalah home base resmi Perseba Super Bangkalan yg saat ini tampil di Divisi Utama PT LI, bkn home base resmi dr Persepam Pamekasan.Mereka hanya menggunakan SGB sbg kandang mereka berhubung Kabupaten Pamekasan sendiri blm py stadion yg representatif untk menggelar partai2 sekelas ISL.

    Reply
  3. agung

    selain bangkalan d indonesia juga ada stadion yg rumputnya berstandar fifa yg berada di kasta ke2 liga primer indonesia,yaitu stadion maguwoharjo sleman,jogja markas dri pss sleman..selain stadion,juga mempunyai suporter yg baik sehingga mndapat peringkat ke4 se-dunia.smoga bisa jadi contoh suporter di indonesia yg blm brsikap dewasa

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s